Senin, 18 Maret 2013

DATA POTENSI AGRIBISNIS PERTANIAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN PANDEGLANG

          Kabupaten Pandeglang dengan luas wilayah sebesar 274.689.9 ha, terbagi atas 28 kecamatan tidak jauh berbeda dengan kabupaten lainnya di Indonesia, walaupun daerah ini merupakan salah satu daerah tujuan investasi untuk sector industri dan pariwisata ketika masih berada dalam Provinsi Jawa Barat. Kegiatan pertanian merupakan sector utama yang memberikan kontribusi PDRB. Walaupun sebagai kontributor terbesar tehadap PDRB, kegitan sektor pertanian di Kabupaten Pandeglang belum memberikan hasil yang optimal dan masih sangat mungkin ditingkatkan agar mampu memberikan kontribusi yang lebih besar lagi.
            Berbagai jenis komoditas tanaman pertanian terdapat di Kabupaten Pandeglang, dari jenis tanaman pangan sampai dengan tanaman keras (perkebunan). Di antara berbagai jenis tanaman tersebut tanaman budidaya padi merupaka jenis tanaman pangan utama yang terdapat disemua wilayak kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang.
            Selain itu berbagai jenis tanaman Hortikultura buah-buahan yang  terdapat di Kabupaten Pandeglang sudah terkenal sampai ke luar wilayah Pandeglang dan merupakan komoditas unggulan. Diantaranya, manggis yang berasal dari Kecamatan Bojong, durian dari lereng gunung karang  yang berda diwilayah Kecamatan Pandeglang.
            Untuk usaha Peternakan di kabupaten Pandeglang diharapkan menjadi suatu tahapan pembangunan menuju keadaan yang stabil yang dikenal sebagai program penyelamatan dan pemulihan akibat krisis yang berkepanjangan.
            Potensi peternakan yang dikembangkan di wilayah Kabupaten Pandeglang diantaranya adalah ternak itik yang sangat berpotensi pada lahan persawahan, selain itu ternak ayam buras yang merupakan ternak yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat Kabupaten Pandeglang, baik didaerah pedesaan maupun perkotaan. Untuk ternak besarnya budidaya ternak sapi potong dan kerbau mempunyai potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan di Kabupaten Pandeglang.
            Untuk melihat potensi pertanian dan peternakan yang terdapat di wilayah Kabupaten Pandeglang berikut data potensi agribisnis pertanian dan peternakan yang tersebar di 28 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang.