Kamis, 04 April 2013

Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Utara akan Replikasi Kampung Ternak Domba Terpadu Juhut Pandeglang






Kampung Ternak Domba Terpadu Juhut, Pandeglang sebagai wilayah binaan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten sekaligus Laboratorium Lapang (LL) Badan Litbang Pertanian pada Kamis 14 Maret 2013 mendapat kunjungan studi banding oleh lima pejabat Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Utara. Sebagai pendamping kunjungan adalah Kepala BP4K Kabupaten Pandeglang (Ir. Agus S, MM), Kasie KSPP BPTP Banten (Kardiyono, STP, MSi), Camat Karangtanjung dan Lurah Juhut serta penyuluh lapangan. Kampung Juhut merupakan lahan darat di kaki “Gunung Karang” di mana saat ini telah tersedia beberapa fasilitas pertanian antara lain: (1). Laboratorium Lapang (LL) Badan Litbang Pertanian antara lain inovasi domba (berbagai bangsa domba, pakan, pembuatan biogas, dan pupuk kandang), inovasi padi gogo, inovasi tanaman hortikulurtura (sayuran dan buah-buahan) dan inovasi perkebunan (penyakit tanaman cengkeh dan kelapa); (2). Program MP3MI berupa teknologi pemanfaatan lahan pekarangan, pengolahan kompos, optimalisasi biogas, pembibitan talas “beneng” dan penguatan kelembagaan; (3). Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA); (4) Posluhdes. Program sinergis antar lembaga kementrian pertanian (badan litbang Pertanian) dengan pemerintah daerah (Pemda Provinsi Banten dan kabupaten pandeglang), serta Perhutani dan Bank Indonesia Serang telah memberikan percontohan yang cukup layak untuk di replikasi dalam membangun wilayah. Salah satu program untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui pengembangan domba dengan target tiap Keluarga memiliki 8 ekor damba, serta pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman sayuran (cabe, terong, sawi dll) dan ditunjang pemanfaatan potensi pangan lokal (talas beneng) telah memberikan dampak terhadap pendapatan petani yang cukup significant. Hal tersebut dapat dilihat dari perubahan tingkat kriminal yang saat ini sudah zero criminal, masyarakat sudah lunas pembayaran  Pajak bumi dan bangunan sebelum jatuh tempo dan dijadikan tempat kunjungan berbagai pihak untuk mengadopsi pola dan pembinaan.
Zubair Harahap dkk dari Dinas Peternakan dan kesehatan hewan setelah meninjau lapangan sangat tertarik dan apresiasi terhadap keberhasilan program di Juhut. Selanjutnya akan dilakukan replikasi program tersebut di Sumatera Utara.





sumber: http://banten.litbang.deptan.go.id

Tidak ada komentar :

Posting Komentar