Kamis, 20 Februari 2014

Penyakit Surra Tewaskan 14 Kerbau di Pandeglang


Ilustrasi.
REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG-- Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pandeglang Winarno menyatakan sebanyak 14 ekor kerbau di daerah mati akibat terjangkit penyakit surra atau lumpuh layu.

"Kerbau yang mati itu tersebar di beberapa kecamatan, yakni Cisata sembilan ekor, Menes dua ekor, Cikeudal dua ekor dan Carita satu ekor," katanya di Pandeglang, Jumat (20/12).

Menurut dia, dari total kerbau yang mati tersebut beberapa di antaranya merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian yang disalurkan melalui pemerintah Provinsi Banten.

Pemerintah pusat, kata dia, pada 2013 memberikan bantuan 60 ekor kerbau bagi tiga kelompok peternak di Kabupaten Pandeglang. Penyaluran dilakukan pemerintah Provinsi Banten.

Bulan lalu, kata dia, sebanyak 38 ekor kerbau sudah tiba dan langsung diberikan kepada peternak, dan beberapa ekor di antaranya mati karena terjangkit surra.

Ia juga menyatakan, mata rantai penyebaran surra di daerah itu bisa diputuskan sehingga tidak ada lagi ternak yang terjangkit penyakit tersebut.

"Penyakit tersebut sebenarnya bisa dicegah, di antaranya kalau kerbau sudah menjalani perjalanan jauh jangan langsung diumbar atau dikandangkan dulu selama beberapa hari," katanya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar